You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Kalianyar
Desa Kalianyar

Kec. Terara, Kab. Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat

SEJARAH DESA

RUDI HAMSYAH, S.Pd 31 Desember 2021 Dibaca 928 Kali
SEJARAH DESA
  • 1 Sejarah Desa Kalianyar

            2.1.1  Asal Usul Desa Kalianyar

                     Desa Kalianyar adalah sebuah Desa yang terletak di wilayah Kecamatan   Terara Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat yang mana pada awalnya adalah hasil dari Pemekaran Desa induk yaitu Desa Sukadana.

                     Diawali dari niat yang baik untuk mempercepat  dan memaksimalkan pembangunan diwilayah selatan dari Desa Sukadana  karena pada waktu itu terlalu luasnya wilayah pemerintahan Desa Sukadana dan dukungan Alokasi Dana Desa yang masih sangat minim sehingga pada waktu itu para tokoh masyarakat, tokoh agama adan tokoh pemuda wilayah selatan yaitu Kekadusan Kalitemu dan Kekadusan Praubanyar memandang perlu adanya pemekaran Desa, dengan perjalanan yang cukup singkat dimana saat itu Pemerintah Kabupaten Lombok Timur membuka keran pemekaran Desa secara luas asalkan memenuhi beberapa keriteria dan syarat pemekaran maka akhirnya terbentuklah Desa Kalianyar pada tanggal 26 September 2011 berdasarkan Keputusan Bupati Lombok Timur .

 

            2.1.2  Sejarah Kepemimpinan

                     Sejarah Kepemimpinan Desa Kalianyar diawali dari penunjukan Pejabat Sementara Kepala Desa Kalianyar, yang saat itu ditunjuk langsung oleh Bupati dari pejabat Pemerintah Kecamatan Terara yaitu atas nama LALU SUPARDI sampai dengan diadakannya pemilihan Kepala Desa Definitif. Pada tahun 2012 Pemilihan Kepala Desa Pertama di ikuti oleh tiga orang calon Kepala Desa dan dengan hasil pemilihan langsung sebagai berikut :

  1. LALU HASAN 527 Suara   
  2. LALU SUGIAN 120 Suara
  3. LALU BADRUN 859 Suara

 

                     Atas dasar keinginan masyarakat Desa Kalianyar pada saat itu maka terpilihlah LALU BADRUN sebagai Kepala Desa Kalianyar yang pertama dengan masa jabatan 6 ( Enam ) tahun yaitu Periode tahun 2012 – 2018 .

                    

                     Pada tanggal 12 desember 2017 masyarakat Desa Kalianyar kembali memilih Kepal Desa Kalianyar yang Kedua untuk periode tahun 2018-2024. Pemerintahan Daerah Kabupaten Lombok Timur mengadakan pemilihan secara serentak Selombok Timur untuk kali pertama sesuai Peraturan Perundang-undangan yang ada dan diikuti oleh tiga orang calon Kepala Desa dan dengan hasil pemilihan langsung sebagai berikut :

 

  1. LALU MISWAN JAYADI 747 Suara
  2. LALU BADRUN 689 Suara
  3. ZAINUDDIN, SE 161 Suara

                        

Atas dasar hasil pemilihan langsung masyarakat Desa Kalianyar pada saat itu maka terpilihlah LALU MISWAN JAYADI sebagai Kepala Desa Kalianyar yang kedua dengan masa jabatan 6 (Enam) tahun yaitu Periode Tahun 2018-2024 menggantikan LALU BADRUN  sebagai Kepala Desa Kalianyar sebelumnya.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image